TINGKATKAN MUTU PERFILMAN DI LAMPUNG, UKM DCFC GELAR WORKSHOP FFL 2021

Bandar Lampung - Dalam gelaran Festival Film Lampung (FFL) 2021 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Darmajaya Computer & Film Club (DCFC) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengadakan Workshop FFL 2021 yang dilaksanakan selama 6 hari, dimana hari pertama merupakan Technical Meeting yang dilakukan secara Online via platform Zoom dan kemudian dihari berikutnya dilakukan secara tatap muka langsung (Offline) di Aula lantai 3 Gedung Alfian Husin IIB Darmajaya pada hari Selasa, 6 April 2021 hingga Minggu, 11 April 2021.

Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan Perdana dalam sejarah gelaran Festival Film Lampung sehingga menuai antusias para sineas Indonesia khusus nya di provinsi lampung yang dihadiri sebanyak 49 Peserta untuk belajar dan menambah pengalaman dalam proses pembuatan film yang dibimbing langsung oleh ketiga Juri Nasional Festival Film Lampung 2021 yaitu Benny Kadarhariarto (Sinematografer), Roufy Nasution (Sutradara) dan Dere Rizkita (Editor).

Adapun beberapa proses pembuatan film yang dipelajari selama Workshop ini mulai dari pra-Produksi hingga pasca Produksi, dimulai dengan pembuatan ide cerita dalam materi Penyutradaraan, Materi Cinematography, Bedah Skenario, Materi Editing, Proses Produksi, Proses Editing yang kemudian dilanjut dengan Screening dan bedah film pada hari terakhir. 

Salah satu peserta Workshop FFL 2021, Mario Fatimura mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang dapat ikut serta dalam gelaran Workshop FFL 2021 yang menambah wawasannya seputar dunia perfilman, "Sangat menyenangkan dan asik, banyak banget ilmu yang didapat, terutama untuk saya sendiri saat produksi kemarin menjadi director. Banyak hal baru yang saya dapat dari ketiga juri, mulai pra produksi dari ide cerita, penulisan skenario, tata kamera, produksi serta pasca produksi editing." tuturnya. Minggu, (11/04/2021).

Adapun yang disampaikan oleh Abizal Rahmadan selaku ketua pelaksana Festival Film Lampung 2021, Dengan telah terlaksananya Workshop FFL 2021 ini merupakan suatu kebanggaan dimana ini merupakan Workshop pertama yang diadakan dalam rangkaian kegiatan Festival Film Lampung, "Ini Workshop yang pertama kali diadain di Festival Film Lampung yang alhamdulilah berjalan dengan lancar. dilaksanakan selama 6 hari dari tanggal 6 april sampai 11 april dengan jumlah peserta sebanyak 49 orang. dengan pemateri yang sudah ahli di bidangnya dan juga antusias para peserta." ujarnya.

"Saya juga mau berterima kasih kepada pihak kampus yang sudah mendukung berjalannya workshop dan juga para panitia yang sudah menyukseskan workshop tahun ini. dengan suksesnya workshop ini saya harap para Sineas Lampung bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sehingga bisa berlayar di festival film nasional maupun internasional." tambahnya.

Meskipun ini merupakan Workshop pertama yang diadakan pada gelaran Festival Film Lampung, namun berjalannya rangkaian kegiatan ini dapat dibilang cukup Sukses yang dimana pada pelaksanaannya tetap kondusif dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada mengingat masih dalam keadaan pandemi seperti saat ini.