MENAMBAH WAWASAN DI DUNIA PERFILMAN BERSAMA UKM DCFC

Bandar Lampung- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Darmajaya Computer & Film Club (DCFC) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengadakan materi mingguan yang diisi oleh divisi Pengembangan Teknologi Perfilman (PTP) pada hari Rabu, 03 Maret 2021. 

Materi mingguan divisi PTP kali ini dilakukan secara offline yang berlokasikan di gedung F lantai 5 IIB Darmajaya dan dihadiri sebanyak 20 calon anggota baru yang tentunya mematuhi standar protokol kesehatan demi meminimalisir penyebaran covid 19 pada saat ini, seluruh calon Anggota baru UKM DCFC diharapkan dapat belajar mengenai Pengembangan Teknologi Perfilman (PTP) dan memahami dasar-dasar mengenai pembuatan ide cerita hingga pra produksi pada suatu proses pembuatan film yang di isi oleh M. Siyam Marzuki yang pernah menjabat sebagai Wakil Koordinator Divisi PTP UKM DCFC periode 2017/2018.

Siyam -biasa dipanggil, menjelaskan kepada para calon anggota baru bagaimana jalannya proses pembuatan film mulai dari pembuatan ide cerita hingga proses pra produksi sebuah film yang dapat menambah wawasan seluruh calon anggota baru yang tertarik pada dunia perfilman, Selain itu ia juga memberikan challange kepada seluruh calon anggota baru dengan membagi kelompok untuk dapat membuat sebuah ide cerita sekreatif mungkin demi mengasah ilmu yang telah mereka dapat pada materi mingguan ini.


Koordinator Divisi PTP UKM DCFC, Alim pada Materi mingguan ini mengungkapkan bahwa divisi Pengembangan Teknologi Perfilman (PTP) merupakan salah satu divisi yang ada di dalam UKM DCFC yang mempunyai program kerja (progja) dibidang perfilman khususnya film indie, dan merupakan divisi yang menyetir berjalannya Festival Film Lampung (FFL) yang merupakan event perfilman nasional satu-satunya yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di provinsi Lampung. "PTP mempunyai progja yang cukup besar antara lain yaitu Festival Film Lampung, Dengan adanya FFL ini tidak hanya teruntuk filmmaker yang ada di provinsi lampung saja namun merupakan bentuk apresiasi terhadap filmmaker yang ada di Indonesia." tuturnya. Rabu, (03/03/2021).

Mahasiswa semester 4 ini juga menjelaskan bahwa materi ini merupakan dasar-dasar dari proses pembuatan film “ini merupakan materi dasar PTP pada proses pembuatan film, masih ada materi PTP yang lainnya yang akan mengulas lebih dalam lagi nantinya ” ujarnya.

Melihat terlaksana nya materi mingguan ini Rafly Chandra selaku Sekertaris Jendral UKM DCFC periode 2020/2021 merasa senang dan berharap kedepannya dapat berjalan secara konsisten “Tentunya dengan terlaksananya materi mingguan ini bermanfaat bagi anggota baru dan semoga kedepannya bisa konsisten melaksanakan progja per divisi nya” ujarnya.