UKM DCFC Nonton Bareng Film G30 S PKI

BANDAR LAMPUNG – Unit Kegiatan Mahasiswa DCFC bersama Puluhan Mahasiswa Institut infotmatika dan Bisnis Darmajaya.

Unit Kegiatan Mahasiswa DCFC, menggelar nonton bareng (nobar) Film Penumpasan G30S/PKI, di Gedung F kampus setempat, Jumat (29/9/2017) sekitar pukul 13.00 WIB, Puluhan mahasiswa sangat antusias untuk menyaksikan film yanng menceritakan peristiwa kelam pada tahun 1965 itu.

Sekilas tentang Film G30S/PKI, penumpasan pengkhianatan G30S/PKI atau hanya Pengkhianatan G30S/PKI adalah judul Film docudrama propaganda Indonesia tahun 1984, Film ini menggambarkan masa menjelang kudeta dan beberapa hari setelelah peristiwa tersebut. Dalam kala kekacauan ekonomi, enam jendral diculik dan dibunuh oleh PKI dan TNI Angkatan Udara, konon untuk memulai kudeta terhadap Presiden Soekarno. Jendral Soeharto muncul sebagai tokoh yang menghancurkan gerakan kudeta tersebut, setelah itu mendesak rakyat Indonesia untuk memperingati mereka yang tewas dan melawan segala bentuk komunisme. Film ini juga menampilkan pergantian rezim pemerintahan Indonesia dari Presiden Soekarno ke Soeharto menurut versi pemerintahan Orde Baru.

Terlihat juga bukan hanya mahasiswa saja ada karyawan dan dosen IBI Darmajaya juga ikut menyaksikan film yang pertama kali diputar sejak Reformasi 1998 itu. “Belum pernah nontoh sih, hanya dapat ceitanya aja dari orang tua. Makanya hari ini ada kesempatan buat nonton saya maamfaatin seperti apa peristiwa G30S/PKI yang sebenarnya,”ujar seorang mahasiswa.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya Ir.Hi. Firmansyah Y. Alfian MBA mengatakan pemutaran Film G30S/PKI sangat baik untuk diketahui generasi muda, terutama kalangan mahasiswa. Tujuannya, selain mereka agar mengetahui sejarah kelam bangsa ini, pemutaran film itu bisa memacu semangat cinta Tanah Air dan Bangsa dan menghargai Pancasila.

“Saya yakin, generasi muda kita sekarang memilikki jiwa patriot yang tinggi, apalagi mereka merupakan calon-calon pemimpin bangsa. Mahasiswa juga harus tahu tentang sejarah bangsa ini, terutama pemberontakan Partai Komunis Indonesia yang menewaskan tujuh jenderal,ujar Bpk. Ir. Hi, Firmansyah Y. Alfia n MBA Selaku Rektor IIB Darmajaya.